10 Pertanyaan saat Interview menjadi Satpam beserta jawabannya

Bagikan ke teman !

Setelah melalui proses pendidikan satpam, kini saatnya siswa tamatan sekolah satpam menerapkan ilmu yang dimiliki pada tempat kerjanya. Namun sebelum itu, yang harus diketahui adalah setiap profesi pekerjaan dalam sebuah perusahaan harus melewati proses interview atau wawancara oleh tim seleksi. Berikut ini adalah 10 pertanyaan yang sering ditanya saat interview menjadi satpam, lengkap beserta jawabannya.

1. Bagaimana memaksimalkan waktu dalam bekerja selama di tempat kerja ?

Satpam yang profesional pasti sangat mengetahui tanggung jawabnya selama ditempat ia bekerja. Terutama dalam memaksimalkan alokasi waktu selama di tempat kerja. Selama tidak ada sesuatu hal yang mengancam maka seorang satpam harus selalu dalam kondisi siap siaga. Penananya akan menilai jawaban benar jika menjawab “selalu dalam kondisi siap siaga dan cepat bereaksi jika dalam keadaan yang dibutuhkan”

2. Apa yang dilakukan jika mengalami situasi yang akan menimbulkan bahaya fisik di tempat kerja ?

Ada 2 kemungkinan situasi yang dapat menimbulkan bahaya fisik selama di tempat kerja. Yang pertama, bahaya fisik yang ditimbulkan dari orang disekitar dan yang ke dua, bahaya fisik yang ditimbulkan dari lingkungan atau alam. Jika bahaya fisik yang terjadi akibat orang lain, maka sikap yang dilakukan adalah merespon ancaman tersebut serta menerapkan prosedur yang diterapkan. Namun, jika bahaya fisik itu diakibatkan dari alam, seperti gempa bumi, maka sudah sepatutnya sebagai manusia kita memiliki naluri untuk melindungi diri.

3. Bagaimana cara mengatasi kemarahan warga masyarakat ?

Dalam bertugas di lapangan, ada beberapa kondisi yang memaksa satpam berhadapan langsung dengan masyarkat. Beberapa kondisi mungkin tidak diharapkan seperti misalnya menghadapi kemarahan warga masyarakat. Untuk menjawab pertanyaan ini, diperlukan pengalaman. Fokuslah kepada cara menenangkan kemarahan warga sehingga tidak terjadi kontak fisik. Dan yang pasti dapat membuat warga yang marah menjadi tenang serta pada akhirnya dapat menyelesaikan masalah yang ada. Yang paling terpenting dalam menjawab pertanyaan ini adalah fokus kepada solusi dalam mengatasi kemarahaan, jangan sampai anda menceritakan kisah hidup yang lucu.

4. Bagaimmana cara meyelesaikan masalah yang ada ?

Untuk pertanyaan ini, silahkan jawab dengan penjelasan yang umum. Permasalahan yang dihadapi oleh masing masing satpam pasti berbeda beda. Jangan sampai terjadi, jika memang belum pernah mengahadapi masalah yang dialami, maka jangan jawab dengan penjelasan yang mengada ada. Lebih baik menanyakan, seperti apa kondisi masalah yang dimaksud.

5. Bagaimana cara bekerja sama dengan tim dalam menyelesaikan masalah di lapangan ?

Kerja sama tim adalah poin utama dalam pekerjaan satuan pengamanan. Jika seandainya anda memang punya pengalaman kerja dalam tim, silahkan sampaikan sesuai pengalaman yang didapat. Tetapi jika belum pernah, ada baiknya anda menjawab dengan cara menerapkan teknik yang mudah diterapkan dalam memecahkan masalah dalam tim. Contohnya dengan cara berembuk.

6. Apakah dapat menggunakan komputer ?

Komputer merupakan teknologi paling umum yang sering digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang erat hubunganya dengan profesi satpam adalah CCTV. Mengoperasikan CCTV dalam pekerjaan merupakan nilai tambah bagi seorang satpam. Silahkan sebutkan kemampuan anda jika memang memiliki pengalaman menggunakan CCTV. Tetapi jika tidak bisa, silahkan sampaikan kemampuan komputer anda dibidang lainnya, seperti aplikasi perkantoran pengolah kata atau kemauan untuk mempelajari komputer.

7. Apa kekuatan yang dapat dibanggakan dalam pekerjaan ?

Dari persyaratan dan keterampilan yang telah diuraikan pada daftar pekerjaan, silahkan anda tentukan bagian pekerjaan yang paling diutamakan. Kemudian dari sisi kebutuhan dan sasaran perusahaan, silahkan fokus kepada kemampuan anda. Tetap fokus kepada jawaban yang dapat meningkatkan penilaian pihak kompetisi, terutama terhadap kemampuan yang dimiliki.

8. Apakah memiliki sertifikat kemampuan AED atau CPA ?

AED (automated external defibrillator) dan CPA (Cardiopulmonary Resuscitation) adalah istilah dalam pertolongan pertama pada kecelakaan khususnya terhadap korban. Tim interview hanya menginginkan anda menjawab “ya” atau “tidak”. Seandainya anda sedang dalam mengikuti kelas untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, silahkan saja anda menyebutkan kondisi sebenarnya. Pertanyaan ini sebagai pengingat bagi anda jika seandainya anda memiliki sertifikasi dibidang lain yang masih berhubungan dengan kompetensi ini.

9. Jika anda diminta tugas dalam kondisi darurat tepatnya di bangunan lantai 10, tetapi bersamaan dengan itu, ada 6 orang tamu yang menghampiri anda. Kondisi saat itu sudah larut malam, sedangkan hanya anda sendiri yang berada disana. Apa yang anda lakukan ?

Pertanyaan ini mengandung hipotesis yang memiliki kondisi tertentu. Setiap hipotesis mungkin memiliki kondisi yang berbeda beda. Oleh sebab itu, silahkan persiapkan diri anda untuk berbagai jenis pertanyaan seperti ini. Untuk pertanyaan diatas, sebenarnya dibuat untuk tidak memiliki jawaban benar atau tidak. Melainkan dibuat untuk menilai tanggapan anda secara langsung dalam menghadapi kondisi seperti ini yang tidak memiliki kondisi yang bagus.

10. Silahkan lihat 2 foto orang yang berbeda dalam 5 detik, kemudian taruh foto itu lalu jelaskan tentang ke 2 foto orang tadi !

Pertanyaan ini tidak lain hanya untuk menilai kemampuan anda dalam menganalisa atau bahkan berprasangka kepada orang lain. Seandainya saja anda tidak dapat menjawab pertanyaan ini, berarti anda belum dapat menilai wajah seseorang dengan baik. Ada baiknya anda melakukan evaluasi diri sebelum memantaskan diri untuk bekerja sebagai satpam.

Itulah 10 pertanyaan saat interview menjadi satpam beserta jawabannya yang mungkin bisa jadi gambaran bagi anda yang ingin melamar menjadi satpam. Semoga dapat menjadi gambaran bagi anda. Selain pertanyaan diatas, pikirkan kembali topik pertanyaan  lain yang berkemungkinan ditanyakan saat interview, misalnya pertanyaan tentang pendidikan, pengalaman kerja, kelebihan dan kekurangan anda di tempat kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.